Akreditasi TK Al Wathoniyah 9

Salah  satu tugas pokok dan fungsi Badan  Akreditasi  Nasional  Pendidikan  Non Formal (BAN-PNF) adalah  melaksanakan  akreditasi  terhadap  Pendidikan  Anak  Usia  Dini  (PAUD).  Akreditasi  adalah kegiatan  penilaian  kelayakan  satuan  beserta  program  PNF  berdasarkan  atas  kriteria  yang  telah ditetapkan.  Untuk  menilai  kelayakan  tersebut  disusun  instrumen  akreditasi  yang  mengacu  pada Standar Nasional Pendidikan (SNP) sebagaimana ditetapkan melalui Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2013 tentang Perubahan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor

19 Tahun 2005, yang mencakup 8 (delapan) standar, yaitu 1) Standar Kompetensi Lulusan, 2) Standar Isi,  3)  Standar  Proses,  4)  Standar  Pendidik  dan  Tenaga  Kependidikan,  5)  Standar  Sarana  dan Prasarana, 6) Standar Pengelolaan,   7) Standar Pembiayaan  dan 8) Standar Penilaian Pendidikan. Khusus PAUD, Standar Kompetensi Lulusan menggunakan istilah Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan (TPP).

Instrumen akreditasi digunakan untuk memeroleh data berkaitan dengan 8 (delapan) SNP yang menggambarkan  kondisi  PAUD  secara  obyektif.  Untuk  itu, instrumen  ini harus diisi oleh pengelola PAUD atau pihak yang bertanggung jawab atas penyelenggaraan PAUD. Jawaban terhadap pertanyaan/pernyataan  harus  sesuai  dengan  prosedur  akreditasi  PAUD  yang  telah  ditetapkan  oleh BAN-PNF.

Bukan hanya persiapan berkas yang perlu disiapkan, kerjasama dan dukungan antara Pengurus, Kepala Sekolah, guru, karyawan, serta dukungan dari orangtua murid juga sangat diperlukan guna memperlancar terlaksananya berbagai  tahapan akreditasi tersebut. Setiap guru dibagi tugas dalam mengerjakan persiapan akreditasi guna memenuhi 8 standar yang diminta dan didukung juga oleh segenap komponen sekolah.

TK Al Wathoniyah 9 tentunya mempunyai harapan-harapan ke depan, yaitu standar atau mutu sekolah semakin meningkat, standar atau mutu tenaga pendidik (guru) yang sesuai dengan BAN (Badan Akreditasi Nasional), fasilitas sekolah meningkat, serta program-program sekolah yang semakin bagus dan tentunya kreatif untuk tingkatan PAUD.

Facebook Comments