Dirgahayu Kota DKI Jakarta ke 489

Ulang Tahun Jakarta yang ke-489 tepat pada hari ini Rabu 22 Juni 2016. Ibu Kota dari negeri tercinta Indonesia ini awalnya memiliki nama Jayakarta. Kota tersebut lahir pada 22 Juni 1527 lalu.

Sebelumnya Ibu Kota Indonesia sempat pindah tiga kali diantaranya pernah dipindahkan ke Yogyakarta karena alasan keamanan, karena pada saat itu setelah merdeka Belanda kembali datang ke Indonesia membawa sekutu. Sehingga pada 4 Januari 1946 Ibu Kota NKRI resmi pindah ke Yogyakarta.

Ibu Kota Indonesia juga pernah di pindahkan ke Bukittinggi, Sumatera Barat tanggal 19 Desember 1948. Dan kota terakhir yang sempat menjadi Ibu Kota NKRI adalah Bireuen, Aceh. Kini Ibu Kota Indonesia ada di Jakarta.

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) mengatakan, pada peringatan ulang tahun Jakarta tahun ini, tak banyak festival dan perayaan yang digelar Pemprov DKI. Menurutnya, acara peringatan haruslah subtansif dan tak menghambur-hamburkan dana.

“Saya kira yang penting substansi aja. Ngapain bikin festival-festival gitu. Substansinya kita bisa groundbreaking LRT, memperkenalkan sistem aplikasi, itu yang penting,” kata Ahok di Jakarta, kemarin.

Absennya sejumlah karnaval dan festival menjadikan peringatan ulang tahun Jakarta tahun ini berbeda dengan tahun lalu. Tahun lalu, Ahok menggelar Jakarnaval di Monas. Kala itu, Jakarnaval ramai dikunjungi ribuan warga dan menjadi pusat hiburan dalam rangka peringatan HUT DKI.

“Perayaan penting, tapi kalau uang kita enggak cukup kita utamakan apa? Kamu mau jalan-jalan ke luar negeri, liburan, atau beli rumah kalau kamu enggak punya rumah?” kata Ahok.

Sebagai gantinya, Pemprov DKI akan menggelar sejumlah perayaan di Balai Kota DKI. Diawali dengan Apel HUT Kota Jakarta di Silang Monas Selatan, launching e-Samsat di Balai Kota, Paripurna HUT ke- 489 DKI di Gedung DPRD DKI, peringatan Nuzulul Quran sekaligus buka bersama dan ditutup dengan Malam Resepsi HUT Kota Jakarta.

 

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *