Kiat Sukses Menghadapi Ujian Nasional (UN) Tanpa Galau

Ketika akan memasuki bulan April, maka anak-anak SMK-SMA-MA sederajat akan berasa deg-deg ser karena akan segera menghadapi yang namanya Ujian Nasional alias UN. Yang perlu diperhatikan ialah perasaan takut, was-was, bingung, galau dan deg-deg an itu tidak boleh dijadikan masalah berarti yang akan menghambat belajar dan persiapan menuju UN. Namun, jika masih ada perasaan itu, memang sangat wajar. Oleh karena itu tips untuk sukses menghadapi UN tanpa galau.

Rajin Berdoa dan Memperbanyak Ibadah

Yang pertama dan tentu sangat utama pastinya selalu rajin berdoa. Selain berdoa agar diberikan sukses UN juga ditambah berdoa agar ilmu yang selama ini dipelajari selama 3 tahun bisa bermanfaat. Karena bakal nyesel kan, kalau semisal 3 tahun belajar hasilnya kosong. Selain itu, agar hati juga tidak gusar menunggu detik-detik ujian bisa memperbanyak ibadah-ibadah sunnah. Yang biasanya shalatnya masih di akhir waktu bisa sekarang lebih diawal. Sukur-sukur kalau berjamaah di masjid. Tapi yang perlu diingat juga, jangan gara-gara UN trus rajin ibadah, tapi setelahnya kembali males lagi. Ya harus konsisten dan istiqomah tentunya. Nah, biasanya di sekolah-sekolah Islam mengadakan acara rutin shalat dhuha dan pengajian ketika waktu mendekati UN. Ini merupakan terobosan yang sangat bagus, mengingat siswa-siswa yang akan menghadapi UN cenderung takut dan minder. Ini juga agar mereka sadar, bahwa hasil semuanya juga ditentukan oleh yang maha Kuasa.

Tidur Yang Cukup

Kalau detik-detik menghadapi UN malah dipakai buat bergadang, ataupun malah belajar kebut semalam maka itu adalah salah besar. Belajar materi seharusnya sudah dilakukan sejak jauh-jauh hari bahkan sudah sejak bulan pertama di kelas 3 (akhir). Maka ketika waktu menjelang UN, kita hanya akan mengulang materi dan bahan UN bukan mempelajarinya lagi. Tidur yang cukup juga akan membuat otak fresh dan tubuh fit. Ini akan berguna bila besoknya otak akan dipakai lagi buat mengulang-ulang materi UN. Serta untuk menjaga kesehatan tubuh, seperti pepatah bilang “Jiwa yang sehat ada dalam tubuh yang sehat juga”.

Berolahraga Rutin dan Makan Makanan Yang Sehat

Menjaga kesehatan ketika detik-detik menjelang UN. Bener juga sih, nanti kalau semisal waktu UN kita malah sakit dan gak enak badan kan juga bakal berpengaruh banget kan buat mengerjakan soal. Pikiran gak fokus, gak enak badan, kepala cenut-cenut. Duuh. Yang jelas, kesehatan memang sangat penting bagi kita, apalagi ketika mau menghadapi UN. Selain berolahraga, kita juga harus menjaga pola makan nih. Jadi usahakan juga untuk makan makanan yang sehat, bervitamin tinggi dan tentunya menopang kesehatan tubuh kita. Makanan yang sehat ini juga termasuk mengkonsumsi sayuran, buah-buahan atau minum susu loh. Ketika mendekati UN, usahakan untuk memperbanyak porsi makanan tersebut.

Minta Ridho Orang Tua

Yang penting juga nih, jangan lupa minta ridho kepada kedua orang Tua. Mohon didoakan agar sukses UN nya, agar bisa mengerjakan UN dan tentunya lulus dengan nilai yang bagus. Jangan malah ketika mendekati UN malah jadi marah-marah sama ortu, atau jadi gak berbakti. Kan ridho Allah itu ada di Ridho orang tua kan. Jadi ya usahakan untuk terus berbakti dan berbuat baik selalu kepada mereka.

Buat timeline UN

Mendekati UN membuat kertas tempelan didinding, dengan menulis UN ……. Hari lagi. Jadi titik-titiknya diisi hari menuju UN nya, Bukan untuk menakut-nakuti sih, tapi agar kita sadar diri. Jika UN sudah dekat, kan terkadang kita lupa. Besoknya UN malemnya malah ngrumpi bareng temen. Atau malah kencan bareng pacar.

Jangan Lupa Buat Target

Buat Target. Semisal nih, UN nanti target mendapat nilai pada pelajaran a 90. Atau pelajaran b 85. Jangan takut untuk buat target. Tapi target ini juga gak boleh muluk-muluk dong. Kita sendiri yang tahu kemampuan kita kan, jadi kita sendiri yang juga bisa membuat target ini untuk diri kita. Masak biasanya try out dapet 60 target UN nya 100. Ya yang deket-deket aja, semisal try out sering mendapat nilai 70 UN targetnya 80.

Terakhir, Jangan Datang Terlambat Ketika UN !

Dan ini adalah tips terakhir yang sangat penting juga. Kalau bisa kita datengnya awal ya ketika hari UN. Jangan sampai telat, kan bisa repot kalau telat dan ga diperbolehin masuk oleh pengawasnya. Kalau semisal kita datang awal kan, kita bisa santai dulu. Tidak terburu-buru, dan bisa mengulang materi sebelum UN dimulai. Kalau semisal datang telat, jadinya kita terburu-buru, bahkan pikiran bisa-bisa buyar ketika menghadapi soal UN nya. Itu dia kiat dari saya untuk menghadapi UN. Dan yang perlu diingat juga adalah, UN ini bukanlah segalanya. Jadi jangan terlalu memuja UN ini ya. Namun demikian, UN ini bisa kita jadikan tolak ukur, bahwa belajar kita selama ini sudahkah bisa mendapatkan hasil yang baik ataupun masih perlu diubah lagi.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *