Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) SMK Dinamika Pembangunan 1 Jakarta

Masa Orientasi Siswa (MOS) atau  saat ini di sebut juga Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS), merupakan sebuah kegiatan yang umum dilaksanakan di sekolah guna menyambut kedatangan para peserta didik baru.

Masa orientasi lazim kita jumpai hampir di tiap sekolah, mulai dari tingkat SMP, SMA, SMK hingga perguruan tinggi. Hampir seluruh sekolah negeri maupun swasta menggunakan cara itu untuk mengenalkan almamater pada peserta didik baru. Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) dijadikan sebagai ajang untuk melatih ketahanan mental, disiplin, dan mempererat tali persaudaraan. Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) juga sering dipakai sebagai sarana perkenalan siswa terhadap lingkungan baru di sekolah tersebut. Baik itu perkenalan dengan sesama siswa baru, kakak kelas, guru, hingga karyawan lainnya di sekolah itu. Tak terkecuali pengenalan berbagai macam kegiatan yang ada dan rutin dilaksanakan di lingkungan sekolah.

Pada 13 Juli 2017 SMK Dinamika Pembangunan 1 Jakarta melaksanakan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) yang berlangsung selama 3 hari, dalam upacara pembukaan yang di sampaikan oleh Kepala SMK Dinamika Pembangunan 1 Jakarta, Mulyana, SH “Melalui Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) para peserta didik baru yang berasal dari beberapa SMP dan MTs di berabagai daerah dengan latar belakang kebiasaan, budaya, maupun strata ekonomi yang berbeda, akan memasuki lingkungan sekolah yang baru, guru-guru yang baru, teman-teman baru, tata tertib dan budaya sekolah baru”.

Oleh Karena itu di perlukan sebuah konsep pelaksanaan, serta materi Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) yang sesuai dengan kebutuhan dan tujuan pelaksanaan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS), yakni :

  1. Struktur organisasi Yayasan dan Sekolah
  2. Struktur organisasi OPDIS dan Ekskul
  3. Visi dan Misi Sekolah
  4. Belajar efektif dan efisien
  5. Wawasan Wiyata Mandala
  6. Tata Krama Siswa
  7. Pengembangan Pendidikan budaya dan karakter bangsa
  8. Pengenalan ruang praktik kejuruan dengan perpustakaan, serta kantin sekolah
  9. Pengenalan ruang layanan administrasi dan layanan pembayaran sekolah
  10. Pengenalan ruang kepala sekolah. Wakil kepala sekolah, kantor guru dan ruang BP/BK
Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *