Melalui PERJUSA, Kembangkan Pendidikan Karakter

Pendidikan karakter harus dimulai sejak usia dini yang dilakukan di lingkungan keluarga. Keluarga merupakan tempat pertama penanaman karakter pada anak. Karakter yang dimiliki anak akan tergantung pada bagaimana penanaman karakter di lingkungan keluarga. Setelah lingkungan keluarga, pendidikan karakter dapat terjadi di lingkungan masyarakat di mana anak tinggal. Masyarakat memiliki peranan penting dalam penanaman karakter anak.

Pendidikan karakter juga dapat dilakukan di lembaga pendidikan, baik formal maupun nonformal. Dalam pendidikan formal, pendidikan karakter dilaksanakan melalui kegiatan pembelajaran di kelas dalam mata pelajaran, khususnya dalam mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dan Pendidikan Agama. Dalam pendidikan nonformal dapat melalui organisasi Gerakan Pramuka. Gerakan Pramuka merupakan organisasi yang dibentuk oleh Pramuka untuk melaksanakan kegiatan kepramukaan.

Dalam hal ini Kegiatan Perkemahan Jumat-Sabtu. Tujuannya untuk melatih kemandirian, mengembangkan sikap sosial, tanggung jawab dan cinta Tanah Air serta menanamkan sikap religius peserta didik. Di mana pada sepertiga malam peserta murid diajak untuk melaksanakan qiyamullail dan membaca Al Quran.

Kegiatan ini diarahkan oleh Koordinator Keagamaan Bapak Riko Sudirman SPdI, MSI. Kegiatan ini juga memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan ide-ide dan kreativitasnya. Termasuk menjadi momen yang menyenangkan dan berkesan`bagi peserta didik. Kegiatan PERJUSA tersebut dilaksanakan di halaman Asshodriyah 9 Islamic Primary School dan di sekitar lingkungan Asshodriyah Islamic School

Persami diikuti oleh seluruh peserta didik kelas 1 sampai kelas 5 Jumlahnya sebanyak 100 orang. Pelaksanaan Persami dimulai Hari Jum’at pagi tanggal 15 Februari 2019 Pembukaan upacara dilaksanakan di Halaman Sekolah Asshodriyah pada Jumat pagi pukul 07.00 WIB. Sebagai pembina upacara adalah Koordinator Asshodriyah Islamic School Mrs. Dini Qurniati, BA, (hons) BA, M. BA. Dihadiri juga oleh tamu undangan dari Ketua kwartis pramuka cabang Pondok Gede, Pengawas Sekolah serta Perwakilan Pengurus Jam`iyyah Asshodriyah 9 Islamic Primary School.

Facebook Comments