Pelaksanaan Sholat Idul Adha 1440 H dan Penyembelihan Hewan Qurban

Berdasarkan hasil sidang isbat Pemerintah melalui Kementerian Agama menetapkan Hari Raya Idul Adha jatuh pada Minggu, 11 Agustus 2019. Berdasar dari hasil siding isbat, Panitia Idul Adha 1440 H Yayasan Al Wathoniyah Asshodriyah 9 sudah mulai mempersiapkan kegiatan pelaksanaan Sholat Idul Adha dan Pemotongan Hewan Qurban.

Minggu (11/08) pukul 05.30 WIB jamaah Masjid Jami’ Shodri Asshdiq sudah mulai berbondong-bondong berdatangan memposisikan shaf terdepan untuk melaksanakan Sholat Idula Adha, sesuai jadwal pelaksanaan sholat idul adha akan dimuli pada pukul 07.00 WIB, Imam Sholat Idul Adha oleh Ust. Syaiful Milah Al Hafidz, Imam oleh Pimpinan Yayasan Al Wathoniyah Asshodriyah 9 Drs. KH. A. Shodri HM.

Dalam khotbahnya menyampaikan “Ibadah kurban memang menekankan latihan ketaqwaan. Mengikhlaskan sebagian harta demi kepentingan umat. Menyembelih egoisme dan ketamakan. Memotong kuasa setan dalam aliran darah manusia; yang secara simbolis dilambangkan dengan memotong hewan kurban. Yang terpenting, kesemuanya bernilai ibadah; sosial maupun individual. Utamanya, bahwa yang diterima Allah dari kurban adalah ketaqwaan; bukan darah atau dagingnya.

Ketaqwaan direalisasikan dalam bentuk totalitas dalam berkurban. Totalitasnya dicerminkan dalam memenuhi standar pelaksanaan kurban; yang mana kita kenal sebagai rukun dan syarat kurban, demikian pula syarat hewan yang layak jadi kurban. Yang berkurban adalah seorang muslim/muslimah, baligh, berakal, merdeka, mampu, dan tidak terlilit kesulitan hutang yang sulit dibayar.”

Setelah selesai melaksanakan sholat idul adha, dilanjutkan dengan penyembelihan hewan qurban. Idul adha tahun ini sebanyak 12 ekor sapid an 2 ekor kambing. Pukul 09.00 wib dimulai penyembelihan sapi pertama yang di awali pembacaan doa oleh Drs. KH. A. Shodri HM, pukul 14.00 wib seluruh sapi sudah selesai di sembelih dan siap untuk di distribusikan total 1600 kantong daging sapi sudah selesai di kemas dan siap dibagikan kepada para penerima daging hewan qurban yaitu yang telah menerima kupon qurban.

 

Lihat postingan ini di Instagram

 

Pembagian daging qurban sudah di mulai, bagi yang telah memiliki kupon qurban silahkan datang ke masjid ya.. 😊

Sebuah kiriman dibagikan oleh Al Wathoniyah Asshodriyah 9 (@alwathoniyah_asshodriyah9) pada

Facebook Comments