Penyuluhan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat di SMP Al Wathoniyah 9 Jakarta

Puskesmas Kelurahan Penggilingan-Elok melangsungkan kegiatan penyuluhan Perilaku Hidup Bersih & Sehat (PHBS) di SMP Al Wathoniyah 9 Jakarta Kamis (26/10). Kegiatan ini diawali oleh sambutan Kepala SMP Al Wathoniyah 9 Jakarta yang dihadiri oleh tim dari Puskesmas Kelurahan Penggilingan-Elok melalui program promosi kesehatan dan siswa-siswi.

Perilaku Hidup Bersih & Sehat (PHBS) menjadi salah satu pilar utama dalam mewujudkan “Indonesia Sehat” serta salah satu strategi untuk mengurangi beban negara dan masyarakat terhadap pembiayaan kesehatan. Kondisi yang sehat dapat dicapai dengan kemauan dan keinginan yang tinggi dalam merubah perilaku hidup bersih & sehat (PHBS) dari masyarakat. Perubahan perilaku tersebut harus ditanamkan sejak dini dimulai dari sekolah dasar. Hal ini yang mendasari Puskesmas Petaling melakukan kegiatan penyuluhan perilaku hidup bersih & sehat (PHBS).

Sasaran yang diprioritaskan dalam kegiatan ini adalah siswa/siswi dapat menerapkan perilaku hidup bersih & sehat (PHBS) dilingkungan sekolah dan masyarakat serta kehidupan sehari-hari. Karena kebersihan adalah sebagian dari Iman serta kebersihan adalah pangkal kesehatan.

Kegiatan penyuluhan ini diikuti sebanyak 52 peserta didik, selain itu dilakukan pembinaan sekolah sehat oleh petugas Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) Puskesmas Kelurahan Penggilingan-Elok Dr.  Atika dengan memperagakan kepada peserta didik tentang Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) yang baik dan benar, dan pemutaran video perilaku hidup bersih & sehat (PHBS) serta video cuci tangan pakai sabun (CTPS).

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *